New Phase

Hai, nama saya Sekar. Tahun ini saya mulai memasuki fase dunia perkuliahan. Dimana suatu fase yang sangat berbeda dengan fase sebelumnya, yaitu masa sekolah. Saya memilih BINUS University untuk melalui fase dunia perkuliahan karena selain dekat dengan rumah, BINUS University terkenal dengan lulusan-lulusan yang berkualitas. Saya ingin menjadi salah satu bagian dari ituJ

Saya pun mendaftar dan test di BINUS University untuk jurusan Teknik Informatika kampus Kemanggisan. Saat mendaftar ulang, saya mendapatkan Binusian Flazz Card dan kartu FEP.

FEP atau Freshmen Enrichment Program adalah suatu masa orientasi untuk mahasiswa baru. FEP ini dibagi menjadi 3, yaitu GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), dan CLO (Campus Life orientation). Di kartu FEP saya, tertulis bahwa saya FEP Periode 3, Kelas CBN06, ruangan K1E mulai tanggal 10-15 Agustus 2015. Nah selama tanggal 10-15 ini, saya menjalani GO.

GO (General Orientation)

Waktu FEP pun tiba. Saya memasuki ruangan K1E dengan takut karena pengalaman saya selama masa sekolah, saat orientasi para senior pasti galak-galak dan judes. Dan saya mendengar cerita teman saya orientasi di kampusnya yang tidak menyenangkan. Saat saya masuk, ternyata tidak. Seniornya ramah dan friendly. Saya pun masuk kelas dan melakukan tapping untuk kehadiran.

Saya langsung mencari tempat duduk. Dan akhirnya duduk di barisan keempat di bagian tengah yang rata-rata laki-laki semua. Soalnya beberapa tempat sudah penuh diduduki oleh yang lain karena saya datang hampir telat hehe. Satu kelas berisi sekitar 80an mahasiswa baru. Dan ternyata kelas saya, CBN06 yang diisi dengan jurusan teknik informatika digabung dengan CBN07 isinya  jurusan teknik industri dan arsitektur karena kelas CBN06 hanya 13 orang.

BC dan Buddy, itulah sebutannya. BC atau Buddy Coordinator sebutan untuk senior yang membimbing kita dikelas, dan Buddy adalah sebutan untuk kita, mahasiswa baru.  Selama GO, kami, para buddy memakai kemeja putih lengan pendek, celana hitam, dan sepatu hitam/putih. Binusian Flazz Card yang harus selalu di kalungkan di leher, dan kertas karton dengan tulisan nama kelas. Dan juga membawa bekal dan minum dari rumah untuk mengurangi sampah plastik.

GO ini bertujuan untuk mengenal lingkungan Binus, peraturan dan cara registrasi perkuliahan, dan organisasi kemahasiswaan. Ada juga acara bunga rampai, yaitu pertunjukkan dari UKM-UKM yang ada di BINUS University.

Binus Kemanggisan memiliki 3 kampus yang berbeda, yaitu kampus Anggrek, kampus Syahdan, dan kampus Kijang. Selama GO, kami hanya memakai kampus anggek dan kampus Syahdan. Pada hari terakhir GO, kami berkumpul dikampus syahdan untuk kebersamaan dan EXPO. Saat kebersamaan, seluruh kelas di CBN menunjukkan yel-yel kelas masing-masing. Begitu pula kelas saya CBN06 dan CBN07 menampilakn yel-yel kami. Setelah itu, kami menngunjungi stand-stand yang ada di expo.

Stand-stand tersebut terdiri dari UKM, HMJ, dan komunitas yang ada di BINUS University. Tak lupa juga saya mengunjungi stand HIMTI untuk mendaftar HTTP, acara welcoming party untuk maba SoCS (School of Computer Science).

Setelah menjalani GO, tanggal 3 September 2015 ada acara Inagurasi Binusian 2019 di JCC. Bukan hanya mahasiswa kampus Kemanggisan saja loh, tetapi juga ada kampus Alam Sutera tapi beda shift. Agak sebal juga sih gak bisa ketemu temen yang di kampus Alam Sutera. Acara ini isinya upacara pelantikan mahasiswa baru. Ada juga penampilan dari UKM Paramabira, ST Manis, dan Band. Acara ini di tayangkan live streaming di BINUSTV lho.

 

AO (Academic Orientation)

Jeng jeng….. mulai masuk minggu Academic Orientation selama 2 minggu. Disini udah mulai belajar gitu deh. Kalo ditanya gimana rasanya? Hmmm… campur aduk. Hahahaha. Paling berkesan ya, belajar Algoritma & Pemograman. Dari gatau sama sekali caranya ngoding jadi tau sedikit demi sedikit:’) Dan waktu di Lab paktek ngoding gitu ada dosen yang lumayan cepet neranginnya gangerti lagi… Ada kelas kurikulum juga, academic orientation, juga support center for your life. So far so good sih. Oh iya! Ini kelasnya diacak lagi, dapet temen baru juga dari berbagai batch meskipun belum kenal semuanya hehehe.

HTTP

Seperti yang udah saya sebutin diatas, saya mendaftar HTTP. Itu loh, acara welcoming party nya maba SoCS. Awal berangkat shift 1 jam 6.30an dari BINUS bareng temen-temen yang lain. Sampai sana sekitar jam 7 / setengah 8an gitu deh. Acaranya di auditorium gedung BPPT II jakarta. Naik kelantai 3 trus antri buat absen gitu. Pas masuk ada photobooth gitu dan pameran karya-karya mahasiswa SoCS.

Pas masuk kedalam auditorium, acaranya belum mulai, iyalah acaranya jam 9 hahaha. Nunggu sampe semuanya dateng soalnya di drop dari BINUS semua. Pas nunggu kita nonton film animasi gitu seru tapi gatau judulnya. Yang kedua nonton Big Hero 6! Gak sampe selesai eh acara dimulai.

Acara pembukaan MC gitu, trus akustikan gitu dari HIMTI Got Talent katanya. Abis itu pengenalan dosen, staff, dan karyawan School of Computer Sciences. Sambutan ketua HIMTI Kemanggisan dan Alsut, sambutan ketua HTTP juga. Kemudian penampilan band dari SoCS. Kemudian ada games untuk kami. Dipilih sekitar 5 orang untuk naik kepanggung. Jadi gamesnya itu orang-orang yang naik ke atas panggung di badannya ditempelin sticky notes, terus yang menang yang sticky notesnya bisa jatoh semua dengan cara menggerak-gerakan badan alias joget. Serius itu lucu banget deh gamesnya. Abis games, isoma deh.

Setelah isoma, ada penampilan drama dari aktivis HIMTI. Drama tentang mahasiswa baru yang pengen ikut SPAH gitu deh. Dramanya lucu, meski agak bosenin dikit hehe. Disitu saya ngantuk banget karena bangun dari subuh-_- final dramanya adalah kakak-kakak Aktivis HIMTI tampil flashmob gitu deh keren pake lightstick gituu. Trus selesai deh.

Eh engga deng, kita istirahat buat solat ashar gitu. Abis istirahat solat ashar, ada penampilan dari guest star yaitu Rianti Duke and band yang menyanyikan sekitar 6-7 lagu. Setelah penampilan Rianti Duke and band, ini lah yang ditunggu-tunggu. Dj on the table! Suasana auditorium sangat meriah dan rasanya dinding pun ikut bergoyang mengikuti beat lagu (hiperbola). Hahahahha. Ya, itulah akhir acaranya. Kami pun di bimbing keluar auditorium sesuai dengan ukuran baju yang telah kita pesan sebelumnya. Kami pun keluar membawa goodie bag berisi baju, minuman, buku, dan lain-lainnya.

 

Organization Skill

Kalo datang HTTP, saya jadi teringat saat saya SMK. SMK saya dulu, juga pernah mengadakan porseni. Saya menjabat sebagai wakil sekretaris. Dimana saya membantu sekretaris utama untuk masalah surat menyurat, dokumen, dan inventaris OSIS.

Acara ini berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Bulan pertama dimulai dengan perlombaan di bidang olahraga, bulan kedua perlombaan bidang seni, dan bulan ketiga diisi dengan charity dan closing party.

Yang membuat ini berkesan adalah ketika saya harus siap kapanpun dimanapun apabila dimintai tolong tentang surat menyurat. Apalagi untuk pertandingan olahraga bayak form yang harus dicek satu persatu agar tidak terjadi kecurangan dari pihak pemain. Misalnya, pemain itu ternyata sudah menjadi alumni dan sebagainya.

Oh iya, disini setiap panitia wajib mengirimkan 1 undangan proposal ke perusahaan untuk sponsor. Meskipun saya masih kelas X waktu itu, tetapi saya jadi bisa belajar presentasikan acara saya ke depan perusahaan tersebut. Memperhatikan bagaimana kakak kelas saya bernegoisasi dengan perusahaan. Wah, sangat bermanfaat sekali.

Tapi tetap, yang paling sangat amat tamat berkesan saat closing party. Guest starnya adalah Thirteen dan Tangga. Saat closing partynya berjalan dengan sukses rasanya lega sekali perjuangan kami selama berbulan-bulan berjuang untuk event ini akhirnya terbayar sudah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Comments are closed.