New Phase

Hai, nama saya Sekar. Tahun ini saya mulai memasuki fase dunia perkuliahan. Dimana suatu fase yang sangat berbeda dengan fase sebelumnya, yaitu masa sekolah. Untuk mengenalkan dunia perkuliahan, Binus University memiliki salah satu program, yaitu Freshmen Enrichment Program yang disingkat menjadi FEP.

FEP adalah suatu masa orientasi untuk mahasiswa baru. FEP ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), dan CLO (Campus Life orientation). Di kartu FEP saya, tertulis bahwa saya FEP Periode 3, Kelas CBN06, ruangan K1E mulai tanggal 10-15 Agustus 2015.

GO (General Orientation)

Waktu GO pun tiba. Saya memasuki ruangan K1E dengan takut karena pengalaman saya selama masa sekolah, saat orientasi para senior pasti galak-galak dan judes. Dan saya mendengar cerita teman saya orientasi di kampusnya yang tidak menyenangkan. Saya pun masuk kelas dan melakukan tapping untuk kehadiran.

Kelas saya, CBN06 jurusan teknik informatika digabung dengan CBN07 jurusan teknik industri dan arsitektur karena kelas CBN06 hanya 13 orang.

BC atau Buddy Coordinator sebutan untuk senior yang membimbing kita dikelas, dan Buddy adalah sebutan untuk mahasiswa baru.  Para Buddy Coordinator nya ramah dan friendly. Selama GO, kami, para buddy memakai kemeja putih lengan pendek, celana hitam, dan sepatu hitam/putih. Binusian Flazz Card yang harus selalu dipakai, dan kertas karton dengan tulisan nama kelas. Dan juga membawa bekal dan minum dari rumah untuk mengurangi sampah plastik.

GO ini bertujuan untuk mengenal lingkungan Binus secara umum, sepertiperaturan dan cara registrasi perkuliahan, dan organisasi kemahasiswaan. Ada juga acara bunga rampai, yaitu pertunjukkan dari UKM-UKM yang ada di BINUS University.

Binus Kemanggisan memiliki 3 kampus yang berbeda, yaitu kampus Anggrek, kampus Syahdan, dan kampus Kijang. Selama GO, kami hanya menggunakan kampus anggek dan kampus Syahdan. Pada hari terakhir GO, kami berkumpul dikampus syahdan untuk kebersamaan dan EXPO. Saat kebersamaan, seluruh kelas di CBN menunjukkan yel-yel kelas masing-masing. Begitu pula kelas saya CBN06 dan CBN07 menampilakn yel-yel kami. Setelah itu, kami menngunjungi beberapa stand yang ada di expo.

Stand-stand tersebut terdiri dari UKM, HMJ, dan komunitas yang ada di BINUS University. Tak lupa juga saya mengunjungi stand HIMTI untuk mendaftar HTTP, acara welcoming party untuk mahasiswa baru SoCS (School of Computer Science).

Setelah menjalani GO, tanggal 3 September 2015 ada acara Inagurasi Binusian 2019 di JCC. Bukan hanya mahasiswa kampus Kemanggisan saja loh, tetapi juga ada kampus Alam Sutera tapi beda shift. Acara ini isinya upacara pelantikan mahasiswa baru. Ada juga penampilan dari UKM Paramabira, ST Manis, dan Band.

 

AO (Academic Orientation)

AO adalah tahap untuk memperkenalkan dunia perkuliahan secara akademik.  Pada tahap ini sudah dimulai pengenalan materi dasar yang akan dipelajari. Tahap ini berlangsung selama 2 minggu. Dalam AO ini, saya mendapatkan kelas LM01, dimana kelas ini berisi mahasiswa Teknik Informatika yang digabung dari beberapa gelombang FEP. Menurut saya saat AO materi yang paling berkesan adalah Algoritma & Pemograman. Dari tidak tahu sama sekali caranya ngoding jadi tau sedikit demi sedikit. Ada kelas pengenalan kurikulum, academic orientation, juga support center for your life.

Dengan adanya Academic Orientation, saya menjadi lebih mengetahui tentang kurikulum dan materi dasar jurusan teknik informatika dan membantu saya dalam mengikuti kurikulum yang ada. Dan karena kelas saat GO dan AO berbeda, saya jadi mendapatkan teman-teman baru.

HTTP

HTTP merupakan acara penyambutan anggota baru HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika).

Acara ini dibuka dengan penampilan gitar akustik dari pemenang HIMTI Got Talent. Setelah itu, pengenalan dosen, staff, dan karyawan School of Computer Sciences. Selanjutnya sambutan dari ketua HIMTI Kemanggisan dan Alsut, dan sambutan ketua HTTP. Kemudian penampilan band dari SoCS.

Selain menonton penampilan, mahasiswa baru juga diajak berpartisipasi dengan mengikuti games. Gamesnya adalah orang yang terpiilih naik ke atas panggung lalu badannya ditempelin sticky notes harus menempelkan sticky notes tersebut dengan cara menggerak-gerakan badan.

Setelah isoma, ada penampilan drama dari aktivis HIMTI. Drama tentang mahasiswa baru yang ingin ikut Penerimaan Aktivis Himti. Final dramanya adalah kakak-kakak Aktivis HIMTI tampil flashmob dengan lighstick.

Acara ini juga menampilkan guest star yaitu Rianti Duke and band yang menyanyikan sekitar 6-7 lagu. Setelah penampilan Rianti Duke and band, ada salah satu penampilan yang ditunggu-tunggu yaitu special performance DJ. Se-selesainya, Kami pun di bimbing keluar auditorium dan mengambil goodie bag yang berisi baju, minuman, buku, dan lain-lainnya.

 

Organization Skill

Saat datang ke HTTP, saya jadi teringat masa sekolah. Waktu masa sekolah dulu, sekolah saya juga pernah mengadakan porseni dimana saya menjabat sebagai wakil sekretaris. Acara porseni ini berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Bulan pertama dimulai dengan perlombaan di bidang olahraga, bulan kedua perlombaan bidang seni, dan bulan ketiga diisi dengan charity dan closing party.

Yang membuat ini berkesan adalah ketika saya harus siap kapanpun dimanapun tidak hanya sesuai dengan job description, tetapi juga divisi lain yang membutuhkan.

Oh iya, disini setiap panitia wajib mengirimkan 1 undangan proposal ke perusahaan untuk sponsor. Meskipun saya masih kelas X waktu itu, tetapi saya jadi bisa belajar presentasikan acara saya ke depan perusahaan tersebut. Memperhatikan bagaimana kakak kelas saya bernegoisasi dengan perusahaan. Wah, sangat bermanfaat sekali.

Tapi tetap, yang paling sangat amat tamat berkesan saat closing party. Guest starnya adalah Thirteen dan Tangga. Saat closing partynya berjalan dengan sukses rasanya lega sekali perjuangan kami selama berbulan-bulan berjuang untuk event ini akhirnya terbayar sudah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Comments are closed.